Pages

Kamis, 08 September 2016

Manusia Sebagai Makhluk Sosial Dan Individu Dalam Perkembangan Internet, Social Media dan Social Network

Nama             : I Putu Dedy Ardana Putra 
Nim               : 1605551104                         
Mata Kuliah : Aplikasi Sosial Media       
Dosen            : I Putu Agus Eka Pratama   
Teknologi Informasi/ Fakultas Teknik/
Universitas Udayana



Manusia Sebagai Makhluk Sosial Dan Individu Dalam Perkembangan Internet, Social Media dan Social Network
  
Pada era digital ini perkembangan Teknologi Informasi (TI) sangat pesat, keberadaan internet, social media (media sosial) dan social network (jejaring sosial) merupakan hal yang umum. Dan telah memengaruhi kehidupan manusia, bahkan pada beberapa studi kasus di kehidupan sehari – hari internet, media sosial dan jejaring sosial telah menjadi kebutuhan primer bagi orang - orang tertentu. Misalnya saja orang – orang yang berkecimpung di dunia online seperti pengusaha/ pedagang online.

Hubungan antara internet, social media dan social network  dengan manusia tidak dapat dipisahkan dari hakikat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Manusia adalah makhluk individu sekaligus makhluk sosial, sebagai makhluk individu, manusia diberi kemampuan untuk hidup dan mengatasi beberapa masalah sendiri, dalam keadaan tertentu manusia memiliki kepentingan sendiri yang berbeda dengan kepentingan manusia lain seperti hasrat, keinginan, atau tujuan hidup. Manusia sekaligus makhluk sosial karena  manusia tidak dapat hidup sendiri dan memerlukan interaksi dan komunikasi dengan manusia lainnya, karena itulah tercipta masyarakat sebagai salah satu bentuk interaksi manusia.

Internet merupakan jaringan komputer terbesar di dunia, yang menghubungkan semua jaringan komputer di dunia beserta dengan semua komputer, perangkat, dan pengguna komputer bersangkutan. Saat ini manusia memerlukan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, untuk memenuhi kebutuhan digital mereka (misalnya dalam bentuk hiburan multimedia dan permainan online), dan sebagai hakikat manusia sebagai makhluk sosial, maka terjadilah interaksi antara pengguna komputer dan pengguna internet di seluruh dunia, misalnya melalui media sosial, yang kemudian membentuk jejaring sosial. Media sosial (social media) adalah tempat di mana masyarakat jaman ini dapat dengan mudah berbagi informasi, konten data, ke dalam koneksi jaringan  mereka (yang kemudian membentuk jejaring sosial  atau social network). Sedangkan jejaring sosial (social network) merupakan sebuah struktur sosial di dalam dunia internet, di mana di dalamnya terdapat banyak pengguna yang terhubung dan berdiskusi sesuai minat mereka masing - masing, atau jejaring sosial merupakan jaringan yang terbentuk  dari hasil komunikasi melalui media sosial tersebut, sebagai akibat adanya komunikasi antar pengguna internet pada topik, minat, hobi yang sama di dalam sosial media tersebut.

 Keberadaan Teknologi Informasi seperti internet telah memberi pengaruh positif terhadap kehidupan manusia. Internet mampu menghapus kesenjangan digital (Digital Divide) dan kesenjangan pengetahuan (Knowledge Divide) antara masyarakat pedesaan dan perkotaan karena internet mampu memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi baik untuk bahan pembelajaran atau untuk menambah wawasan. Internet juga mampu membantu masyarakat di dalam mencari pekerjaan, dan menghadapi persaingan dunia bisnis. Bagi masyarakat umum internet memberikan sejumlah manfaat seperti menjadi ladang untuk memperoleh pendapatan, baik tetap maupun sampingan misalnya melalui layanan jual beli secara online atau yang dikenal dengan E – commerce, iklan, freelance, karya tulis, kuis atau undian online, maupun bisnis dan usaha lainnya yang dijalankan secara online. Menyediakan hiburan digital misalnya dalam bentuk video streaming, audio streaming, jejaring sosial dan media sosial. Internet juga mampu mempererat hubungan antar individu, misalnya melalui jejaring sosial, media sosial, chatting, e-mail, dan lain – lain.

Social media dan social network hal yang sudah tidak asing lagi dan merupakan hal yang sudah umum di era digital ini. Berkat media sosial dan jejaring sosial yang mampu menghubungkan orang dengan teman, keluarga, maupun mengenalkan dengan orang lain melalui berkirim pesan, grup, Micro Blogging. Social media dan social network mampu menghubungkan rekan bisnis atau orang- orang yang memilik minat dan bidang kerja yang sama. Melalui media sosial seseorang dapat berbagi file – file multimedia, seperti gambar, audio, dan video atau berbagi informasi kepada khalayak maupun sesama anggota pada komunitas di jejaring sosial dan media sosial. Selain melalui media sosial kategori forum dapat memberikan layanan forum diskusi bagi para pengguna internet di seluruh dunia yang memiliki minat yang sama.

Disamping pengaruh positif internet, media sosial dan jejaring sosial juga memberikan pengaruh negatif.  Dengan internet berbagai informasi dan konten apapun dapat diperoleh dengan mudah oleh karena itu konten – konten negatif yang berbau pornografi dan violence and gore (kekejaman/kesadisan) juga dapat diperoleh dengan sangat mudah. Dalam berinteraksi di dunia media sosial dan jejaring sosial kita tidak dapat mengetahui karakter seseorang, oleh karena itu internet sering dipakai sarana penipuan. Selain itu penggunaan internet baik itu untuk media sosial, jejaring sosial ataupun lainnya jika berlebihan dapat memunculkan sifat individualis, dimana seseorang seakan – akan memiliki dunianya sendiri dan tidak peduli  dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya, akibatnya orang kurang bersosialisasi dengan lingkungan. Oleh karena itu dalam menggunakan internet baik itu media sosial maupun jejaring sosial atau hal – hal lainnya harus digunakan dengan bijaksana.



Referensi :
Eka Pratama, I Putu Agus. Komputer dan Masyarakat. Informatika Bandung. 2014 
Lityasari, Retno. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X. Erlangga. 2008 (eBook)
Rahmania. Annisa. Internet Sehat Facebook & Twitter. Penebar Plus (eBook)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar